Rabu, 10 November 2010

pendidikan untuk anak

Pendidikan untuk anak-anak
Tulisannya Dorothy L. Nolte tentang pendidikan untuk anak-anak.
Semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi anda semua :
Jika anak-anak hidup dengan kritikan, mereka belajar untuk mengutuk.
Jika anak-anak hidup dengan permusuhan, mereka belajar untuk melawan.
Jika anak-anak hidup dengan rasa takut, mereka belajar untuk menjadi memprihatinkan.
Jika anak-anak hidup dengan belas kasihan, mereka belajar untuk merasa menyesal sendiri.
Jika anak-anak hidup dengan olokan, mereka belajar untuk merasa malu.
Jika anak-anak hidup dengan kecemburuan, mereka belajar untuk merasa iri hati.
Jika anak-anak hidup dengan rasa malu, mereka belajar untuk merasa bersalah.
Jika anak-anak hidup dengan semangat, mereka belajar percaya diri.
Jika anak-anak hidup dengan toleransi, mereka belajar kesabaran.
Jika anak-anak hidup dengan pujian, mereka belajar apresiasi.
Jika anak-anak hidup dengan penerimaan, mereka belajar untuk cinta.
Jika anak-anak hidup dengan persetujuan, mereka belajar seperti itu sendiri.
Jika anak-anak hidup dengan pengakuan, mereka belajar bagus untuk memiliki tujuan.
Jika anak-anak hidup dengan berbagi, mereka belajar kedermawanan.
Jika anak-anak hidup dengan kejujuran, mereka belajar sebenarnya.
Jika anak-anak hidup dengan keadilan, mereka belajar keadilan.
Jika anak-anak hidup dengan baik-baik, mereka belajar menghargai.
Jika anak-anak hidup dengan keamanan, mereka belajar untuk memiliki iman dalam diri mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka.
Jika anak-anak hidup dengan keramahan, mereka belajar di dunia adalah tempat yang bagus untuk hidup.

oleh Dorothy Law Nolte (1924 – 2005)
diposting dari makalahkumakalahmu

guru yang baik

JADILAH GURU YANG BAIK
(Tujuh Hukum Mengajar)
John Milthon Gregory merupakan penulis buku yang terkenal tentang Tujuh Hukum Mengajar. Inilah beberapa petunjuk yang perlu dipersiapkan oleh seorang guru yang baik.
1. Persiapkan bahan pelajaran dengan mempelajarinya berulang-ulang. Jangan mengandalkan bahwa kita sudah pernah mempelajarinya karena apa yang kita ketahui dahulu pasti sebagian sudah terhapus dari ingatan kita.
2. Carilah urutan yang logis dari tiap bagian dalam pelajaran yang dipersiapkan tersebut. Setiap pelajaran selalu berangkat dari pengertian-pengertian dasar yang sederhana baru ke tingkat pengertian yang tinggi. Pelajari urut-urutan yang logis dari pelajaran yang dipersiapkan tersebut sampai terwujud suatu pengertian yang dapat saudara uraikan dengan kata-kata sendiri.
3. Carilah analogi atau ilustrasi untuk mempermudah penjelasan fakta-fakta dan prinsip-prinsip yang sulit dimengerti oleh siswa. Khususnya prinsip-prinsip abstrak.
4. Carilah hubungan antara apa yang diajarkan dan kehidupan sehari-hari siswa. Hubungan-hubungan inilah yang akan menentukan nilai praktis penerapan dari pelajaran itu.
5. Gunakan sebanyak mungkin sumber referensi berupa buku-buku atau bahan-bahan yang sesuai, tetapi pahami dahulu sebaik-baiknya sebelum menyampaikan kepada siswa.
6. Harap diingat bahwa lebih baik mengerti sedikit, tetapi benar-benar mantap daripada mengetahui banyak, tetapi kurang mendalam.
7. Sediakan waktu yang khusus untuk mempersiapkan tiap pelajaran sebelum berdiri di depan kelas. Dengan persiapan matang, kita akan semakin menguasai pengetahuan dan gambaran apa yang diajarkan akan semakin jelas.
Sumber: John Milthon Gregory. Tujuh Hukum Mengajar

Selasa, 09 November 2010

soal benua asia

SOAL PEMANTAPAN MATA PELAJARAN IPS
MATERI MENGENAL BENUA ASIA

1. Gabungan Benua Asia dan Eropa disebut dengan Benua . . . .
2. Laut Kaspia di Asia sebenarnya merupakan kenampakan alam berupa . . . .
3. Pulau terbesar di Jepang adalah ... .
4. Penduduk Cina berasal dari ras . . . .
5. Gurun yang terdapat di RRC, yaitu ....
6. Pegunungan yang memisahkan Benua Asia dengan Benua Eropa, yaitu ....
7. Gunung yang dianggap suci oleh penduduk Jepang adalah ....
8. Benua terbesar di dunia adalah ....
9. Sungai yang dianggap suci oleh umat Hindu di India adalah Sungai ....
10. Negara pengekspor minyak bumi terbesar dunia adalah ....
11. Gunung tertinggi di dunia adalah ....
12. Negara yang Kepala pemerintahannya Emir adalah ....
13. Mata air yang terdapat di padang pasir disebut ....
14. Kelompok-kelompok daratan yang sangat luas dinamakan
15. Bangunan Angkor Wat terletak di . . . .
16. Kawasan Asia Barat sering disebut kawasan . . . .
17. Istana Taj Mahal terdapat di kota . . . .
18. Negara yang memiliki penduduk terbanyak di dunia adalah ... .
19. Negara industri yang paling maju di kawasan Asia Timur adalah ... .
20. India, Nepal dan Sri Lanka berada di Kawasan Asia ... .
21. Bentuk pemerintahan negara Jepang adalah ... .
22. Indonesia adalah negara berpenduduk terbanyak ke ... di dunia.
23. Kota suci umat Hindu India adalah ... .
24. Perairan yang berbatasan dengan Benua Asia di sebelah timur adalah ... .
25. The Great Wall adalah keajaiban dunia yang terdapat di negara ... .
26. Tenaga Kerja Indonesia ke Timur tengah banyak di kirim ke negara ... .
27. Antara Benua Asia dan Afrika terdapat Laut ... .
28. Benua asia, Afrika dan Australia dihubungkan oleh Samudera ... .
29. Teluk Persia merupakan wilayah peraian negara ... .
30. Sungai di padang pasir yang berair pada saat hujan disebut ... .
31. Penduduk asli Jepang adalah suku ... .
32. Suku Tamil dan Sinhala adalah penduduk asli negara ... .
33. Negara yang di juluki “Macan Asia” adalah ... dan ... .
34. Agama penduduk asli Jepang adalah ... .
35. Bahasa nasional negara Pakistan adalah ... .
36. Bahasa nasional negara India adalah ... .
37. Bahasa nasional negara RRC adalah ... .
38. Mata uang Arab saudi adalah ... .
39. Kota Pelabuhan laut di Arab Saudi adalah ... .
40. Negara di Asia Timur yang rawan terjadi gempa bumi adalah ... .



A. Sungai di Benua Asia
1. Sungai Gangga di ... .
2. Sungai Irawadi di ... .
3. sungai Chao Phraya di ... .
4. Sungai Belait di ... .
5. Sungai Tigris di ... .
6. Sungai Brahmaputra di ... .
7. Sungai Rajang di ... .
8. Sungai Kahayan di ... .
9. Sungai Eufrat di ... .
10. Sungai Indus di ... .
11. Sungai Mekong di ... .
12. Sungai Hwang Ho di ... .
13. Sungai Hyang Tse Kiang di ... .
14. Sungai Yoshino di ... .

B. Kenampakan Alam Lainnya
1. Gunung Everest di ... .
2. Gunung Fujiyama di ... .
3. Gunung Apo di ... .
4. Gunung Pagon di ... .
5. Gunung Kinabalu di ... .
6. Gunung Doi Inthanon di ... .
7. Peg. Himalaya di ... .
8. Peg. Kunlun di ... .
9. Peg. Kitamani di ... .
10. Gurun Gobi di ... .
11. Gurun Thar di ... .
12. Gurun An-Nafud di ... .
13. Gurun Taklamakan di ... .
14. Dataran Tinggi Yunan di ... .
15. Dataran Tinggi Dekkan di ... .
16. Dataran tinggi Tibet di ... .
17. Danau Aral di ... .
18. Danau Balkash di ... .
19. Danau Shinji Ko di ... .
20. Danau Laut Kaspia di ... .

C. Lain-lain
1. Negara Tirai Bambu adalah ... .
2. Negara Matahari Terbit adalah ... .
3. Negara Ginseng adalah ... .
4. Negara Seribu Satu Malam adalah ... .
5. Negara Bunga Sakura adalah ... .
6. Negara Anak Benua adalah ... .
7. Negara Gajah Putih adalah ... .
8. Negara Petrodollar adalah ... .
9. Atap Dunia adalah sebutan wilayah ... .
10. Negara Persia adalah ... .

siswa jagoan

Bagaimana Mengatasi Siswa "Jagoan"
Kita semua tahu bahwa di setiap sekolah, pasti ada siswa “jagoan” yang selalu mengintimidasi siswa lainnya untuk menuruti kemauannya. Di masa lalu masalah ini terabaikan. Namun telah terbukti bahwa masalah ini sangat mengganggu proses belajar mengajar. Guru harus mengambil langkah proaktif untuk mencegah fenomena “intimidasi oleh siswa kepada siswa lainnya” sedini mungkin. Berikut ini langkah-langkah yang bisa dilakukan oleh setiap guru di sekolah, termasuk anda:
• Mulailah dengan menyampaikan secara jelas kepada siswa anda, apa yang anda harapkan dari mereka. Pujilah tindakan yang terpuji, dan jangan ragu untuk menghukum tindakan yang tidak terpuji. Anda harus konsisten dalam hal ini.
• Ciptakanlah suatu acara yang menyebabkan siswa-siswa anda mengetahui secara lebih mendalam mengenai teman-teman mereka. Hasil akhir dari acara ini adalah tercipta suatu keakraban antar siswa, sehingga siswa dengan sendirinya enggan untuk mengintimidasi teman-teman yang telah mereka kenal secara lebih akrab. Bentuk dari acara ini bisa berbentuk permainan yang memerlukan kerja tim (team work), sehingga mereka belajar untuk bekerjasama dengan teman-teman mereka.
• Bentuklah sebuah tim yang terdiri dari siswa-siswa, yang bertugas untuk membantu teman dan guru dalam mengatasi masalah ini. Kadang-kadang seorang siswa “jagoan” yang dulunya suka mengintimidasi teman-temannya, jika ditunjuk untuk bergabung dalam tim ini, akan berbalik melindungi teman-temannya dari siswa-siswa “jagoan” lainnya.
• Komunikasi ke pihak guru harus selalu terbuka, sehingga siswa-siswa yang merasa terintimidasi dapat melaporkannya secara pribadi dan empat mata kepada pihak guru.
• Siswa-siswa perlu tahu bahwa tindakan intimidasi terhadap siswa lain tidak bisa ditoleransi, dan anda akan bertindak cepat dan konsisten untuk mengatasi hal itu. Siswa “jagoan” harus mengubah kelakuannya, dan siswa yang menjadi korban harus melihat bahwa sekolah adalah lingkungan yang aman bagi mereka. Libatkan kepala sekolah dan orangtua jika perlu.
• Solidaritas kelas sangat membantu untuk mengatasi masalah ini. Kelas yang solidaritasnya tinggi tidak akan membiarkan teman-teman sekelasnya diintimidasi oleh pihak lain.
Pengirim :Dayan |Email : - |dayanpramana@yahoo.com

anak hiperaktif

MENGENAL ANAK HIPERAKTIF DI SEKOLAH
Mendidik anak untuk bisa pintar mungkin terlalu mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Tetapi mendidik anak untuk mempunyai emosi yang stabil, tidak semua orang bisa melakukannya. Dibutuhkan orang tua dan guru yang sabar, serius, ulet, serta mempunyai semangat dedikasi tinggi dalam memahami dinamika kepribadian anak.
Perilaku siswa usia sekolah saat ini banyak dikeluhkan guru. Para guru mengeluh sikap anak-anak yang sangat sulit di atur emosinya di kelas selama pelajaran berlangsung. Saya tidak tahu lagi harus bagaimana melatih dan mengajarkan siswa saya untuk konsentrasi, tekun, dan tenang selama pelajaran saya berlangsung. Saya bingung, teguran dan sangsi apa lagi yang harus saya berikan agar siswa saya bisa duduk dengan tenang selama pelajaran berlangsung sehingga dapat dengan mudah memahami materi yang saya ajarkan. Itulah dua dari sekian banyak contoh keluhan para guru menghadapi siswa hiperaktif di kelas selama pelajaran berlangsung di sekolah.
Dalam Psikologi terdapat apa yang namanya anak penderita Attention deficit Hiperactivity Disorder (ADHD). ADHD didefinisikan sebagai anak yang mengalami defisiensi dalam perhatian, tidak dapat menerima impuls-impuls dengan baik, suka melakukan gerakan-gerakan yang tidak terkontrol, dan menjadi lebih hiperaktif. Adapun kriteria anak hiperaktif pada masa sekolah adalah sebagai berikut:
1. Mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian (defisit dalam memusatkan perhatian) sehingga anak tidak dapat menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan kepadanya secara baik.
2. Jika diajak bicara siswa hiperaktif tidak dapat memperhatikan lawan bicaranya (bersikap apatis terhadap lawan bicaranya).
3. Mudah terpengaruh oleh stimulus yang datang dari luar dirinya..
4. Tidak dapat duduk tenang walaupun dalam batas waktu lima menit dan suka bergerak serta selalu tampak gelisah.
5. Sering mengucapkan kata-kata secara spontan (tidak sadar).
6. Sering melontarkan pertanyaan yang tidak bermakna kepada guru selama pelajaran berlangsung.
7. Mengalami kesulitan dalam bermain bersama temannya karena ia tidak memiliki perhatian yang baik
Terhadap kondisi siswa yang demikian, biasanya para guru sangat susah mengatur dan mendidiknya. Di samping karena keadaan dirinya yang sangat sulit untuk tenang, juga karena anak hiperaktif sering mengganggu orang lain, suka memotong pembicaran guru atau teman, dan mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu yang diajarkan guru kepadanya. Selain itu juga, prestasi belajar anak hiperaktif juga tidak bisa maksimal.
Secara psikologis, perkembangan kognisi anak-anak yang menderita hiperaktif biasanya termasuk dalam kategori normal. Jika prestasi akademik mereka rendah, sebenarnya bukan karena perkembangan kognisinya yang bermasalah, tetapi lebih disebabkan karena ketidakmampuan mereka untuk konsentrasi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.
Solusi yang bisa ditawarkan untuk mengatasi masalah hiperaktif pada siswa di sekolah adalah orang tua harus berupaya menghilangkan perilaku hiperaktif anak sebelum masuk sekolah. Cara yang bisa dilakukan oleh orang tua adalah sedini mungkin membiasakan seorang anak untuk hidup dalam suatu aturan. Jadi anak harus dikendalikan emosinya dengan penerapan aturan yang konsisten di rumah oleh orang tua. Selain itu, anak juga harus sedini mungkin diberikan kepercayaan dan tanggung jawab terhadap apa yang seharusnya dia lakukan. Di bawah ini ada beberapa ciri khusus yang dapat orang tua deteksi perilaku hiperaktif anak pada setiap fase perkembangannya.
1. Akhir tahun pertama sebelum masuk sekolah (pada saat Balita) perilaku Attention deficit Hiperactivity Disorder (ADHD) yang ada pada anak belum bisa terdeteksi secara nyata, tetapi bila mereka menunjukkan tingkah laku gelisah dalam melakukan suatu aktifitas tertentu maka orang tua sebenarnya harus bisa memberikan perhatian serius.
2. Pada masa pra sekolah, gejala ADHD-nya mulai nampak. Misalnya tidak mampu mengerjakan suatu tugas yang ringan, tidak mampu bergaul dengan teman atau cuek terhadap lingkungan sekitarnya.
3. Pada masa sekolah jika tidak mendapatkan perhatian serius maka defisiensi yang di derita anak akan bertambah sehingga kondisinya bisa lebih parah dari masa sebelumnya. Langkah terbaik untuk masa ini adalah anak perlu diperhatikan kondisi emosinya seawal mungkin oleh orang tua sebelum masuk sekolah.
4. Jika pada tiga fase sebelumnya tidak diperhatikan secara serius, maka pada masa remaja awal (SLTP) anak yang menderita ADHD tidak dapat berhasil dalam belajar. Kondisi ini yang menyebabkan seorang remaja tidak dapat melanjutkan pendidikan ke sekolah yang lebih tinggi nantinya.Alasan yang sangat nyata adalah karena prestasi belajar anak hiperaktif yang sangat rendah. Kondisi ini lebihdisebabkan karena anak hiperaktif mengalmi deficit dalam perhatian.
5. Pada masa dewasa seorang yang masih menderita ADHD mengalami masalah dalam hubungan interpersonal seperti, kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain (minder) tidak percaya diri, tidak mempunyai konsep diri yang jelas, selalu tampak depresi atau stress, memiliki perilaku anti sosial, dan selalu merasa tidak mantap dengan tugasnya atau pekerjaannya. Jadi ADHD yang tidak teratasi akan terbawa sampai masa dewasa.
Kerja nyata dari orang tua dalam membentuk emosi anak adalah sedini mungkin mencoba membimbing anak dalam berbagai aktivitas hidupnya. Belajar menenangkan anak untuk bisa memusatkan perhatiannya sedini mungkin menjadi penting, karena akan berpengaruh secara tidak langsung pada perkembangan prestasi anak di sekolah. Keterampilan khusus yang dimiliki orang tua dalam mengatur emosi anak sejak dini itu akan mematangkan emosinya pada waktu sekolah nantinya. Keterampilan-keterampilan yang diajarkan oleh orang tua pada waktu kecil juga akan memungkinkan seorang anak bisa bersikap penuh perhatian terhadap isyarat-isyarat sosial pada perkembangan kepribadiannya. Dengan kata lain, keseriusan orang tua dalam mendeteksi dan menanggapi secara baik setiap emosi yang dimunculkan anak pada masa kecil, akan membantu anak pada proses perkembangan kepribadian anak selanjutnya.

Siktus Tanje, S.Psi : Konselor di SLTP St. Kristoforus II
Taman Palem Lestari, Blok A.No. 18
Cengkareng, Jakarta Barat
Telephon: 559.545.49
Pengirim :Siktus Tanje, S.Psi |Email : - |Siktus@sekolah indonesia.com

sekolah kondusif

MENCIPTAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH YANG KONDUSIF
Keberhasilan menciptakan suasana sekolah yang kondusif untuk pembudayaan budi pekerti, faktor-faktor dominan yang perlu ditumbuh-kembangkan pembinaannya antara lain mengenai hal-hal berikut:
1. Keimanan
Keimanan sangat mempengaruhi perilaku seseorang. Keimanan ini perlu dibina dan ditumbuhkembangkan sesuai keyakinan agama masing-masing. Dengan keimanan diharapkan setiap peserta didik dapat membina dirinya menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur.
2. Ketaqwaan
Ketaqwaan sebaiknya ditanamkan sejak dini kepada siswa masuk sekolah melalui berbagi kegiatan, karena pada dasarnya kualitas manusia ditentukan oleh ketaqwaannya. Ketaqwaan merupakan cerminan dari nilai keimanan berupa perilaku yang terwujud dalam menjalankan perintah agama dan menjauhi larangannya.
3. Kejujuran
Dalam berbagai hal, sikap dan perilaku tidak berbohong, tidak curang, berani dan rela berkorban demi kebenaran serta mengakui kesalahan, tindakan ini harus diwujudkan dan ditumbuhkembangkan sehingga menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari, baik yang berhubungan dengan Tuhan, diri sendiri maupun dengan orang lain. Kejujuran menjadi sikap dan perilaku yang tegas yang harus dilaksanakann.
4. Keteladanan
Keteladanan merupakan salah satu kunci dalam pembudayaan budi pekerti. Kepala sekolah dapat memberi keteladanan kepada guru. Guru dapat memberikan keteladanan kepada para siswanya, demikian pula kakak kelas kepada adik kelasnya. Keteladanan jauh lebih penting dari pada memberikan pelajaran secara verbal, karena keteladanan adalah memberikan contoh melalui perbuatan atau tindakan nyata.
5. Suasana Demokratis
Suasana demokratis yang dimaksud adalah menghargai hak hak orang lain dalam menyampaikan pendapat, saran, berekspresi, berkreasi. Suasana di sekolah haruslah suasana yang menunjukkan adanya kebebasan mengeluarkan pendapat, dan menghargai perbedaan pendapat sesuai dengan sopan santun berdemokrasi. Adanya suasana demokratis di lingkungan sekolah akan memberi pengaruh pada pengembangan budi pekerti, terutama sikap saling menghargai dan saling memaafkan.
6. Kepedulian
Kepedulian terwujud antara lain dalam sikap empati dan saling menasehati, saling memberitahukan, saling mengingatkan, saling menyayangi dan saling melindungi sehingga setiap masalah dapat diatasi lebih cepat dan lebih mudah. Pembiasaan diri memiliki kepedulian di lingkungan sekolah perlu dimulai sejak dini.
7. Keterbukaan
Sistem manajemen sekolah harus bersifat transparan, artinya setiap kegiatan haruslah dilakukan secara terbuka, terutama yang berkenaan dengan masalah keuangan. Manajemen yang terbuka akan menghilangkan sikap saling curiga, berburuk sangka, dan menghilangkan fitnah. Manajemen terbuka ini hendaklah dipraktekkan oleh kepala sekolah, pegawai tata usaha, guru, dan oleh para siswa.
8. Kebersamaan
Kebersamaan adalah suasana tata hubungan antar warga sekolah yang tercermin dari sikap dan perilaku seperti tolong menolong, tenggang rasa, saling menghormati, dan terbuka. Kebersamaan ini diarahkan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara Kepala sekolah, guru, siswa dan warga sekolah lainnya sehingga terwujud suatu suasana persaudaraan dalam tata hubungan sekolah yang harmonis.
9. Keamanan
Keamanan di sini dimaksudkan sebagai rasa aman dan tenteram, bebas dari rasa takut, baik lahir maupun batin. Keamanan merupakan modal pokok untuk menciptakan suasana sekolah yang harmonis dan menyenangkan. Warga sekolah harus proaktif mengantisipasi dan mengatasi segala bentuk gangguan dari dalam dan luar lingkungan sekolah. Keamanan sekolah menjadi tanggung jawab warga sekolah, oleh karena itu yang pertama harus diciptakan ialah adanya suasana berbudi luhur dari setiap siswa. Dengan suasana yang demikian maka gangguan dari luar pun akan dapat diatasi dengan bijaksana.
10. Ketertiban
Ketertiban adalah suatu kondisi yang mencerminkan keharmonisan dan keteraturan dalam pergaulan antar warga sekolah. Ketertiban antara lain harus tercermin dalam penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, penggunaan waktu belajar mengajar, dan berhubungan dengan masyarakat sekitar. Ketertiban tidaklah tercipta dengan sendirinya melainkan harus diupayakan oleh setiap warga sekolah.
11. Kebersihan
Kebersihan adalah bagian dari iman. Suasana bersih, rapi dan menyegarkan akan memberi kesan menyenangkan bagi warga sekolah.Suasana yang demikian bukan hanya untuk waktu-waktu tertentu saja tetapi untuk seterusnya secara berkelanjutan. Kebersihan meliputi kebersihan fisik dan psikis, jasmaniah dan batiniah. Kebersihan batiniah ini sangat penting dibina antara lain ialah sikap jujur, ikhlas, jauh dari sifat dengki dan dendam.
12. Kesehatan
Kesehatan pun menyangkut aspek fisik dan psikis. Kesehatan fisik bagi warga sekolah hendaklah diupayakan dengan jalan berolah raga secara teratur, makan makanan yang bergizi. Sedangkan kesehatan psikis hendaklah dibangun dengan cara membangkitkan sikap seperti yang dikemukakan oleh WHO di atas.
13. Keindahan
Keindahan di sini dimaksudkan suasana lingkungan sekolah baik ruangan kantor, ruangan guru, perpustakaan, dan ruang kelas yang mengesankan tertata rapi, maupun halaman sekolah, kebun sekolah, taman bunga dan lainnya menimbulkan kesan menyenangkan karena ada unsur estetikanya. Keindahan di lingkungan sekolah harus diciptakan oleh warga sekolah dan dijaga agar keindahan tersebut tidak sirna. Keindahan merupakan bagian dari sifat manusia yang berbudi.Di samping keindahan ini, perlu juga diciptakan lingkungan sekolah yang rindang, ada pepohonan yang membuat lingkungan sekolah teduh, hijau dan sejuk. Suasana lingkungan yang rindang akan menciptakan iklim belajar mengajar yang lebih segar, tidak cepat melelahkan.
14. Sopan Santun
Sopan santun adalah sikap dan perilaku yang terkait dengan cara bertindak dan bertutur kata sesuai dengan adat istiadat atau norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Perilaku ini diwujudkan dalam hubungannya dengan diri sendiri, keluarga, sekolah dan masyarakat.
Norma-norma dasar yang dikemukakan di atas hendaknya dapat dijadikan acuan untuk menciptakan suasana yang kondusif dalam membudayakan budi pekerti di lingkungan sekolah. Penciptaan suasana yang mendukung kehidupan sekolah yang berbudi pekerti luhur sangat penting dilakukan, karena suasana sekolah akan mempengaruhi perilaku siswa.
Sebagai salah satu contoh yakni menjaga kebersihan. Dalam pembelajaran budi pekerti ditekankan betapa pentingnya menjaga kebersihan, namun dalam penerapannya di sekolah mungkin sukar dilakukan karena kamar kecil sekolah tidak tersedia cukup air sehingga ada kesulitan menyiramnya. Demikian juga peserta didik dianjurkan membuang sampah ke tempatnya, tetapi tempat sampah tidak cukup tersedia, sehingga peserta didik membuang kertas di sembarang tempat. Tentu masih ada sederet contoh lainnya yang tidak perlu dikemukakan di sini. Yang pasti, bahwa suasana yang demikian tentu tidak mendukung isi pelajaran budi pekerti yang diberikan oleh gurunya. Suasana sekolah tidak hanya dipengaruhi oleh keadaan fisik sekolah tetapi juga oleh keadaan non fisik seperti perilaku guru, kepala sekolah, pegawai tatausaha, perilaku peserta didik, dan pola hubungan sosial yang terjadi.
Perlu difahami bahwa lingkungan sekolah merupakan bentuk masyarakat tersendiri, berbeda dengan masyarakat yang berada di luar lingkungan sekolah, apakah itu keluarga, kampung, atau masyarakat desa. Masyarakat lingkungan sekolah terdiri dari kepala sekolah, guru, pegawai tata usaha, dan peserta didik dengan interaksi sosial yang memiliki tujuan yang sangat jelas yakni belajar.Oleh karena itu juga masyarakat sekolah dapat dikatakan sebagai masyarakat belajar dengan penjenjangan tertentu, yang tidak ditemukan dalam masyarakat biasa. Dalam hal ini Prof S. Nasution mengatakan bahwa kehidupan di sekolah serta norma-norma yang berlaku di situ dapat disebut kebudayaan sekolah ( S. Nasution, 1983 : 73 ). Berbeda dengan masyarakat biasa seperti keluarga atau masyarakat kampung yang seetnik atau sedesa pada masyarakat sekolah, proses belajar mengajar tidak pernah terhenti, kegiatan dilaksanakan dengan terencana, ada kurikulum, ada kelas, guru, murid, dan ada peraturan dan norma sekolah yang harus diikuti. Semua ini membedakan masyarakat sekolah dengan masyarakat lainnya. Dengan demikian pembinaan budi pekerti di sekolah berbeda dengan yang dilakukan di lingkungan rumah tangga, di lingkungan RT atau RW. Di lingkungan RT atau RW tidak ada warga yang tinggal atau naik kelas, hal seperti itu hanya ada di lingkungan sekolah.
Kehidupan di sekolah berlangsung dalam satu pola yang sama, kegiatan berulang ulang dan diatur dengan jadwal yang ketat. Hal ini akan berpengaruh terhadap pembiasaan berdisiplin seluruh warga sekolah. Suasana sekolah yang berdisiplin tinggi akan berpengaruh besar terhadap kehidupan peserta didik terutama di lingkungan sekolah. Kehidupan berdisiplin tinggi ini harus dijalani secara konsisten oleh warga sekolah sebagai salah satu modal utama pembentukan watak peserta didik. Lingkungan sekolah yang memenuhi syarat kesehatan dan fisik sebagai satu sekolah akan turut menunjang kehidupan yang berbudi para warganya. Oleh karena itu lingkungan sekolah yang sehat, keadaan fisik sekolah yang terawat baik akan memberi sumbangan yang besar terhadap suasana sekolah yang menyenangkan dan dapat menciptakan disiplin diri yang kuat. Artinya, kalau keadaan setiap ruangan, kamar atau halaman sekolah tertata rapi, akan mendorong peserta didik ikut bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapian sekolah tersebut. Ada rasa bersalah kalau tidak ikut menjaga keadaan yang sedemikian itu. Kalau keadaan ruangan atau kamar mandi misalnya tidak baik, maka peserta didik pun akan bertindak semaunya tanpa memperhatikan pentingnya menjaga kebersihan tersebut.
Suasana kehidupan di sekolah perlu dibangun bersama sama oleh warga sekolah sesuai dengan fungsi dan kedudukan masing masing. Kepala sekolah, pegawai tata usaha, guru dan peserta didik dapat memberikan sumbangan pembinaan kehidupan berbudi luhur melalui sikap dan perilakunya di sekolah. Dalam hal ini kehidupan yang bermoral sangat dipentingkan. Pemahaman dan pelaksanaan nilai nilai hidup di lingkungan sekolah sebenarnya lebih mudah dipolakan dengan melibatkan seluruh warga sekolah. Prof.Dr.Winarno Surakhmad mengingatkan bahwa lingkungan di mana nilai hidup tertentu telah memasyarakat secara terpola dan terarah akan mempunyai pengaruh membentuk yang kuat (Winarno Surakhmad, 1987 : 43 ). Dalam hal ini peranan para kepala sekolah dan seluruh guru sangat kuat pengaruhnya dalam pembentukan watak para peserta didik, terutama pada jenjang pendidikan dasar , dan secara taat azas berlanjut pada jenjang sekolah menengah. Pada tingkat pendidikan dasar, paling tidak pada sekolah dasar biasanya ada warung sekolah yang menjual kue atau minuman sehat yang diperuntukkan bagi peserta didik sekolah tersebut dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang ada di luar. Nah warung sekolah sebagai bagian dari lingkungan sekolah perlu diperhatikan kebersihannya, cara penyajiannya, dan cara peserta didik mengambil makanan atau kue serta sikap sewaktu membayarnya.
Kesempatan untuk pembinaan sopan santun pada saat peserta didik berada di kantin sekolah seperti itu perlu diperhatikan oleh kepala sekolah. Tata krama seperti itu hendaknya dipraktekkan secara taat asas oleh seluruh warga sekolah sesuai dengan fungsi masing-masing.
ooOoo

RPP IPS BENUA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)



Sekolah : SD Negeri 2 Cakranegara
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VI/1

Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.

Kompetensi Dasar : 1.3 Mengidentifikasi benua-benua
Indikator : 1.3.1 Menunjukkan pada peta letak dan nama-nama benua yang ada dunia
Alokasi Waktu : 3 × 35 menit

A. Tujuan Pembelajaran:
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1. Menemutunjukkan nama-nama benua di dunia.
2. Mengidentifikasi letak benua dari posisi geografis dan astronomis.
3. Menyebutkan batas-batas wilayah benua.
4. Mengidentifikasi pembagian wilayah/kawasan/region panca benua.

B. Materi Pembelajaran
Mengenal Benua – benua

C. Metode
1. Ceramah bervariasi
2. Diskusi
3. Inquiri
4. Tanya jawab
5. Penugasan

D. Lengkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
a. Kegiatan Awal ( 10 menit )
Menciptakan kesiapan belajar siswa
1) Mempersiapkan ruangan kelas dan alat/media pembelajaran.
2) Memberi motivasi dengan menjelaskan manfaat mempelajari mengenal benua-benua di dunia.
3) Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai siswa.
b. Kegiatan Inti (80 menit )
Kegiatan transfer informasi, ilmu pengetahuan dan teknologi
1) Menjelaskan gambaran umum materi pembelajaran melalui tayangan pada LCD proyektor.
2) membentuk kelompok diskusi, setiap kelompok terdiri dari 5 siswa.
3) Setiap kelompok menyelesaikan tugas LKS kegiatan belajar 1 berdasarkan beberapa buku sumber. (LKS terlampir)
4) Beberapa kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok yang lain menanggapi
5) Setiap kelompok menyelesaikan LKS kegiatan belajar 2. (LKS terlampir)
6) Beberapa kelompok mempresentasikan hasil kerjanya, kelompok lain menanggapi.
7) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi pembelajaran yang belum jelas.
8) Siswa bersama guru menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
c. Penutup (15 menit)
1) Mengetahui daya serap siswa melalui penilaian hasil belajar
2) Refleksi kegiatan pembelajaran dengan menanyakan perasaan siswa, kesulitan-kesulitan yang masih dialami, serta rencana tindak lanjut.

E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Peta, Atlas, Globe
2. LCD proyektor.
3. S.Widodo dan Mulyadi HP.2008.Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta:Pusat Perbukuan Depdiknas.
4. Arif Julianti Sri Nugroho,dkk. 2008. IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
5. Indrastuty, dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.
6. Sanusi Fattah, dkk. 2008. Terampil dan cerdas belajar IPS. Jakarta: Pusat perbukuan Depdiknas.
7. I.S. Sadiman, dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas.

F. Penilaian
1. Teknik penilaian
1) Tes lisan
2) Unjuk kerja.
2. Bentuk Instrumen
1) soal tes
2) lembar penilaian
3. Soal/Instrumen : terlampir


Cakranegara, 22 Oktober 2009
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas



Drs. LALU KAMDI Husni Tamrin, S.Pd
NIP. 195112311974021017 NIP.197312311992021001

Senin, 08 November 2010

Pemantapan IPS

DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
KOTA MATARAM
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 CAKRANEGARA
Jl. Pejanggik No. 118 Cakranegara

SOAL PEMANTAPAN

MATA PELAJARAN : IPS
KELAS : VI D
SEMESTER : I
KD : Mengenal Benua-benua di Dunia

Petunjuk: Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada option A, B, C atau D !

1. Gurun yang terdapat di RRC, yaitu ....
a. Sahara
b. Sandy
c. Gobi
d. Victoria

2. Pegunungan yang memisahkan Benua Asia dengan Benua Eropa, yaitu ....
a. Pegunungan Himalaya
b. Pegunungan Alpen
c. Pegunungan Andes
d. Pegunungan Ural

3. Gunung yang dianggap suci oleh penduduk Jepang adalah ....
a. Gunung Dai
b. Gunung Fuji
c. Gunung Kuju
d. Gunung Iwate

4. Sungai Amazon terdapat di Benua ....
a. Asia
b. Afrika
c. Eropa
d. Amerika

5. Penduduk asli Australia adalah suku ....
a. Aborigin
b. Ainu
c. Dravida
d. Punjab

6. Pegunungan terpanjang di dunia adalah Pegunungan ....
a. Himalaya
b. Rocky
c. Andes
d. Alpen

7. Berikut ini negara bagian Australia, yaitu ....
a. Australia Timur
b. Australia Barat
c. Aboritin
d. Queensland

8. Negara penghasil kopi terbesar di dunia adalah ....
a. Argentina
b. Pakistan
c. Brazil
d. Afrika Selatan
9. Bangunan yang terkenal di Inggris adalah ....
a. Menara Eiffel
b. Menara Pisa
c. Patung Liberty
d. Jam Big Ben

10. Berikut ini negara yang termasuk ke dalam wilayah Eropa Selatan, yaitu ....
a. Prancis
b. Swedia
c. Spanyol
d. Finlandia

11. Benua terbesar di dunia adalah ....
a. Benua Asia
b. Benua Eropa
c. Benua Amerika
d. Benua Australia

12. Terusan Suez terdapat di negara ....
a. Arab Saudi
b. Aljazair
c. Mesir
d. Afganistan

13. Sungai yang dianggap suci oleh umat Hindu di India adalah Sungai ....
a. Pegunungan Himalaya
b. Pegunungan Alpen
c. Pegunungan Andes
d. Pegunungan Ural

14. Negara pengekspor minyak bumi terbesar dunia adalah ....
a. Pakistan
b. Arab Saudi
c. Indonesia
d. Amerika Serikat

15. Pegunungan yang memisahkan negara Prancis dengan Italia adalah ....
a. Pegunungan Andes
b. Pegunungan Pyrenea
c. Pegunungan Cevennes
d. Pegunungan Alpen

16. Gabungan Benua Asia dan Eropa disebut dengan Benua . . . .
a. Erosia
b. Eurasia
c. Asiana
d. Europe
17. Lapisan es menutupi sebagian besar wilayah Benua . . . .
a. Eropa
b. Amerika Utara
c. Australia
d. Antartika

18. Laut Kaspia di Asia sebenarnya merupakan kenampakan alam berupa . . . .
a. selat
b. danau
c. teluk
d. muara sungai

19. Pegunungan memanjang di tepi barat Benua Amerika Selatan adalah
Pegunungan . . . .
a. Andes
b. Rocky
c. Alpen
d. Atlas

20. Wilayah di bagian utara Benua Afrika sebagian besar berupa . . . .
a. pegunungan
b. dataran tinggi
c. gurun
d. dataran rendah

21. Sungai besar di bagian utara Amerika Selatan adalah Sungai . . . .
a. Nil
b. Amazon
c. Mississippi
d. Yang Tze

22. Berikut adalah pegunungan di Benua Eropa, kecuali Pegunungan . . . .
a. Pyrenees
b. Alpen
c. Karakoram
d. Apennina

23. Kelompok-kelompok daratan yang sangat luas dinamakan. . . .
a. semenanjung
b. tanjung
c. pulau
d. benua

24. Bangunan Angkor Wat terletak di . . . .
a. Kamboja
b. Italia
c. India
d. Kenya

25. Berikut ini yang tidak termasuk kawasan Balkan adalah. . . .
a. Yunani
b. Yugoslavia
c. Rumania
d. Swiss

26. Sungai Nil terdapat di . . . .
a. Mesir
b. Cina
c. India
d. Thailand

27. Sungai terpanjang di dunia terletak di Benua Afrika yaitu. . . .
a. Sungai Nil
b. Sungai Mekong
c. Sungai Zamberi
d. Sungai Victoria

28. Penduduk asli Australia adalah suku . . . .
a. Aborigin
b. Negro
c. Eskimo dan Indian
d. Negro dan Eskimo

29. Batas sebelah utara Benua Amerika adalah . . . .
a. Pantai Kota Recife Brazil
b. Tanjung Horn
c. Semenanjung Seward
d. Laut Arktik

30. Australia merupakan negara penghasil . .
a. sutra
b. beras
c. gandum
d. keju

31. Negara yang teletak di Amerika Utara adalah . . . .
a. Kanada
b. Haiti
c. Peru
d. Panama

32. Di Eropa Barat terdapat negara-negara yang terkenal dengan sebutan Benelux yaitu . . . .
a. Norwegia, Swedia, dan Estonia
b. Belgia, Belanda, dan Luksemburg
c. Belgia, Latvia, dan Finlandia
d. Swedia, Denmark, dan Norwegia

B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

1. Sungai terpanjang di dunia adalah ....
2. Gunung tertinggi di dunia adalah ....
3. Sungai Indus (Sindu) terdapat di negara....
4. Mata air yang terdapat di padang pasir disebut ....
5. Pulau terbesar di dunia adalah ....
6. Penduduk asli Amerika Serikat adalah ....
7. Bendungan yang terdapat di Mesir, yaitu ....
8. Hasil pertanian Prancis yang utama adalah ....
9. Negara yang dijuluki sebagai negara kincir angin adalah ....
10. Kota di Inggris yang dilalui garis Meridian 0Oadalah ....
11. Kawasan Asia Barat sering disebut kawasan . . . .
12. Istana Taj Mahal terdapat di . . . .
13. Negara-negara di Eropa Utara meliputi . . . .
14. Amerika Utara terdiri atas negara . . . .
15. Penduduk asli Australia adalah suku . . . .
16. Penduduk asli Jepang adalah ... .
17. Penduduk asli Selandia Baru adalah ... .
18. penduduk asli India adalah ... .
19. Negara tirai bambu adalah ... .
20. Negara tirai besi adalah ... .
21. Negara matahari terbit adalah ... .
22. Negara Dam adalah ... .
23. Negara Matador adalah ... .
24. Negara Ginseng adalah ... .
25. Gunung api tertinggi di dunia adalah ... .
26. Air terjun terbesar di dunia adalah ...
27. Danau terbesar di dunia adalah ....
28. Tempat terendah didunia di ....
29. Negara penghasil bunga tulip adalah ...
30. Negara penghasil anggur adalah ... .
31. Kawasan yang di sebut Timur jauh adalah ... .
32. Damaskus adalah ibukota negara ... .
33. Wilayah negara Mesir yang terdapat di Asia adalah ... .
34. Terusan Sues menghubungkan laut ... dengan laut ... .
35. Kawasan Amerika Selatan disebut juga dengan ... .
36. Negara penghasil kopi terbesar di dunia adalah ... .
37. Argentina adalah negara penghasil ... terbesar di dunia.
38. Negara di Benua Amerika yang berpenduduk suku Jawa adalah ... .
39. terusan yang menghubungkan Samudera Pasifik dengan Lautan Karibia adalah ... .
40. Pulau terbesar di Kanada adalah ... .
41.Tokoh penentang Politik Apertheid adalah ... .
42. Negara di Afrika yang berpenduduk suku bangsa Melayu adalah ... .
43. Semenanjung Skandinavia terdapat di Eropa ... .
44. Negara yang berada di kawasan balkan adalah ... .
45. Mata uang tunggal negara-negara Eropa adalah ... .
46. Penemu Pulau tasmania adalah ... .
47. Ibu kota Selandia baru adalah ... .
48. Australia dan P. tasmania di hubungkan oleh selat ... .
49. Daerah peternakan di Australia terdapat di ... .
50. Bentuk negara Australia adalah .... .

jawab soal yaa!


DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
 KOTA MATARAM
SEKOLAH DASAR NEGERI  2 CAKRANEGARA
Jl. Pejanggik No. 118 Cakranegara
 

SOAL PEMANTAPAN

MATA PELAJARAN   : PKn
KELAS                    : VI D
SEMESTER              : I
KD                         : Sistem Pemerintahan  Republik indonesia

Petunjuk: Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan memberi tanda silang (X) pada option A, B, C atau D !

1. Gubernur memimpin pemerintahan
pusat di tingkat .…
a. kabupaten
b. provinsi
c. kota
d. daerah

2. Lembaga negara yang berwenang
membuat undang-undang adalah ....
a. presiden
b. DPR
c. MK
d. MA

3. Dalam menjalankan tugasnya Presiden
dibantu oleh ....
a. DPR
b. DPD
c. menteri
d. hakim

4. Anggota DPRD berasal dari ….
a. rakyat
b. partai politik
c. warga
d. partai Islam

5. Peraturan Daerah (Perda) merupakan
tugas dan wewenang .…
a. DPRD
b. DPR
c. MPR
d. presiden

6. Gubernur dipilih melalui .…
a. Pilkada
b. Pilgub
c. Pilkades
d. diangkat presiden
7. Pemimpin negara Indonesia disebut ....
a. raja
b. presiden
c. sultan
d. kaisar

8. Jabatan presiden berakhir setiap .…
a. 2 tahun
b. 4 tahun
c. 3 tahun
d. 5 tahun

9. Presiden ketiga negara Republik Indonesia
adalah ….
a. Abdurrahman Wahid
b. Megawati Soekarno Putri
c. B.J. Habibie
d. Susilo Bambang Yudhoyono

10. Presiden dipilih oleh….
a. MPR
b. menteri
c. DPR
      d. rakyat

11. Berikut ini adalah sistem pemerintahan
Indonesia ....
a. Presidensil
b. Parlementer
c. Campuran
d. Kerajaan

12. Pemilihan umum diadakan dengan tujuan ....
a. melaksanakan prinsip kedaulatan rakyat
b. pesta hura-hura
c. memilih pemimpin yang sama
d. memilih penyalur aspirasi rakyat

13. Sistem pemilu dengan membagi wilayah
negara dalam daerah-daerah pemilihan
yang jumlahnya sama dengan jumlah
anggota perwakilan disebut ....
a. sistem mekanis
b. sistem organis
c. sistem distrik
d. sistem proporsional

14. Wakil presiden yang kedelapan ialah .…
a. B.J. Habibie
b. Megawati Soekarno Putri
c. Tri Sutrisno
d. Hamzah Haz
15. Menteri diangkat dan diberhentikan oleh....
a. DPR
b. rakyat
c. MPR
d. presiden

16. Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat
Republik Indonesia periode 2004-2009 ialah …
a. Prof. Ginanjar Kartasasmita
b. Drs. Agung Laksono
c. Ir. Akbar Tanjung
d. Dr. H. Hidayat Nur Wahid

17. Menteri Pemuda dan Olahraga periode
2004–2009 ialah ....
a. Adiyaksa Dault
b. Wiranto
c. Jimly Assiddiqie
d. Nurdin Halid

18. Seorang menteri bertanggung jawab
kepada ....
a. presiden
b. DPR
c. MPR
d. rakyat

19. Berikut ini merupakan lembaga yudikatif,
yaitu ....
a. Presiden
b. DPR
c. Mahkamah Agung
d. Menteri

20. Berikut merupakan urusan pemerintah
pusat adalah ....
a. pemekaran wilayah
b. agama
c. APBD
d. kesenian

21. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik, merupakan bunyi pasal . . . .
a. 1 ayat 2 UUD 1945
b. pasal 2 ayat 1 UUD 1945
c. 1 ayat 1 UUD 1945
d. pasal 2 ayat 2 UUD 1945




22. Pemerintah pusat berkedudukan di . . . .
a. ibu kota kabupaten
b. ibu kota negara
c. ibu kota provinsi
d. ibu kota kecamatan

23. Tujuan dibentuknya pemerintahan adalah untuk . . . .
a. menguasai kekayaan alam
b. mengatur kehidupan bernegara
c. menjadi penguasa negara
d. mengurus pegawai pemerintah

24. Pemerintah kota dipimpin oleh seorang . .
a. DPRD kabupaten
b. gubernur
c. walikota
d. bupati

25. Tentara Nasional Indonesia terdiri atas . .
a. Angkatan Darat
b. Angkatan Laut
c. Angkatan Udara
d. Angkatan Udara, Angkatan Darat,  Angkatan Laut

26. Salah satu wewenang MPR adalah . . . .
a. menetapkan peraturan pemerintah
b. mengangkat dan memberhentikan menteri
c. mengubah UUD bila diperlukan
d. memberi grasi

27. Lembaga negara yang berwenang menghentikan presiden dan wakil
presiden adalah . . . .
a. DPR
b. BPK
c. MPR
d. DPD

28. Pemilihan Presiden dan wakil presiden didasarkan pada . . . .
a. UU Nomor 23 Tahun 2003
b. UU Nomor 24 Tahun 2003
c. UU Nomor 25 Tahun 2003
d. UU Nomor 26 Tahun 2003






29. Pemilihan umum itu penting, sebab melalui pemilu . . . .
a. masa bakti penguasa dua tahun
b. pergantian kekuasaan dapat dilakukan secara teratur dan damai
c. kekuasaan dapat berlangsung seumur hidup
d. pergantian kekuasaan tidak diperlukan lagi

30. Sebelum tahun 2004, presiden dipilih oleh . . . .
a. MPR
b. rakyat
c. DPR
d. DPD

31. DPR mempunyai fungsi legislatif artinya . .
a. membentuk undang-undang
b. menjalankan undang-undang
c. mengawasi undang-undang
d. menguji undang-undang

32. Kekuasaan kehakiman di Indonesia dijalankan oleh . . . .
a. Mahkamah Agung dan Komisi Yudisial
b. Komisi Yudisial dan Mahkamah Konstitusi
c. Mahkamah Agung dan Mahkamah Konstitusi
d. Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, dan Komisi Yudisial

33. Di bawah ini yang dimaksud pemerintah pusat adalah . . . .
a. presiden dan DPR
b. presiden, DPR, dan MA
c. presiden dengan menteri
d. presiden dan BPK

34. Anggota DPD merupakan perwakilan dari . . . .
a. partai politik
b. golongan profesi
c. golongan di masyarakat
d. provinsi

35. Apabila dalam pemilihan presiden dan wakil presiden di Indonesia belum
didapatkan calon terpilih memperoleh lebih dari 50% suara maka . . . .
a. pemilu ditunda
b. pemilu diulang lagi
c. pemilu dilanjutkan tahap ke dua
d. dikembalikan pada MPR

36. Ketua MPR periode 2004–2009 adalah ....
a. Hidayat Nur Wahid
b. Sutarjo Suryoguritno
c. Agung Laksano
d. Ginanjar Kartasasmita

37. Kabinet dibentuk oleh ....
a. wakil presiden
b. DPR
c. presiden
d. MPR

38. Perda ditetapkan oleh kepala daerah dengan persetujuan ....
a. gubernur
b. presiden
c. DPRD
d. KPUD

39. Pemilu dilaksanakan secara berkala setiap ....
a. 2 tahun
b. 4 tahun
c. 3 tahun
d. 5 tahun

40. Berikut ini merupakan lembaga negara hasil amandemen UUD 1945 adalah ....
a. presiden
b. DPR
c. MPR
d. DPD

41. Lembaga negara yang menjadi tidak ada setelah UUD 1945 diamandemen adalah ....
a. MPR
b. DPA
c. DPD
d. MA

42. Pemilih tidak boleh mewakilkan haknya dalam memilih wakilnya pada
proses pemilu. Hal itu disebut asas ...
a. langsung
b. rahasia
c. umum
d. adil



43. Membuat UUD menurut UUD 1945 hasil amandemen merupakan tugas ....
a. presiden
b. DPR
c. MPR
d. BPK

44. Hasil pemeriksaan keuangan oleh BPK dilaporkan kepada berikut ini,
kecuali ....
a. MPR
b. DPD
c. DPR
d. DPRD

45. Presiden memberi grasi dan rehabilitasi dengan mempertimbangkan pertimbangan ....
a. DPR
b. DPD
c. MPR
d. Mahkamah Agung

46. Negara Indonesia menganut sistem pemerintahan . . . .
a. demokrasi
b. parlementer
c. presidensial
d. liberal

47. Majelis Permusyawaratan Rakyat adalah sebuah majelis yang beranggotakan . . . .
a. BPK dan MA
b. MA dan DPD
c. DPR dan DPD
d. DPR dan MA

48. Presiden dan wakil presiden dipilih melalui . . . .
a. sidang paripurna DPR
b. sidang istimewa MPR
c. sidang umum MPR
d. pemilu

49. Dalam menjalankan tugasnya presiden dibantu oleh . . . .
a. wakil presiden
b. DPR
c. MPR
d. sekretaris negara



50. Di bawah ini yang bukan merupakan tujuan pemilihan umum di Indonesia
adalah . . . .
a. memilih wakil-wakil rakyat
b. melaksanakan kedaulatan rakyat
c. memilih presiden dan wakil presiden
d. melanjutkan kekuasaan presiden

51. Di bawah ini yang berhak melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan
pemilu adalah . . . .
a. KPU
b. LSM
c. panwaslu
d. pengamat luar negeri

52. Menteri diangkat dan diberhentikan oleh . . . .
a. MPR
b. DPR
c. presiden
d. MA

53. Lembaga negara yang berwenang menetapkan dan mengubah UUD
adalah . . . .
a. presiden
b. DPR
c. MPR
d. Komisi Yudisial

54. Membantu kepala daerah dalam menyelenggarakan pemerintahan daerah
adalah tugas dan wewenang . . . .
a. wakil kepala daerah
b. kecamatan
c. DPRD
d. kelurahan

55. Di bawah ini yang bukan kewajiban pemerintah daerah adalah . . . .
a. meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat
b. mengembangkan kehidupan demokrasi
c. memilih pimpinan daerah
d. meningkatkan pelayanan dasar pendidikan







B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!

1. Kedudukan kepala negara yang tidak terpisahkan dari jabatan kepala pemerintahan disebut ....
2. Dalam sistem pemerintahan kabinet parlementer, sistem kepemimpinannya dibedakan menjadi ... dan ....
3. Peserta Pemilu dapat bersifat .... dan ....
4. Pilkada diusulkan oleh partai yang memperoleh suara pemilu legislatif sebanyak ... % di daerah tersebut.
5. Undang-undang yang mengatur tentang pemerintah daerah, yaitu ....
6. Presiden RI sudah .... kali berganti sejak Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.
7. Hak untuk meminta keterangan dari eksekutif merupakan hak DPR yang disebut ....
8. Hak untuk memberikan pernyataan bahwa hukuman tuntutan pidana harus digugurkan
atau suatu tuntutan pidana yang telah dimulai harus dihentikan merupakan ....
9. Lembaga peradilan yang merupakan peradilan tertinggi adalah ....
10. Lembaga di Indonesia yang baru dibentuk setelah UUD 1945 diamandemen adalah ....
11. Pemilihan umum merupakan sarana untuk mewujudkan ....
12. Peserta pemilihan umum adalah ....
13. Pemilihan umum di Indonesia diselenggarakan oleh ....
14. Pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah diusulkan oleh ....
15. Presiden dan wakil presiden dipilih langsung oleh rakyat melalui ....